Kamis, 03 Maret 2016

Karya Ilmiah Peluang Bisnis “Mobile Games Develop”


AMIKOM YOGYAKARTA
Abstrak

Mobile Games memang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna gadget saat ini, mulai dari Smartpone hingga Tablet, bagi para peniknat game mobile, game bisa menjadi sarana hiburan tersendiri ataupun sebagai sarana hiburan semata untuk mengisi waktu luang, dan sifat dari game mobile ini berbeda dengan game yang diciptakan untuk platform PC ataupun console, game mobile lebih bersifat praktis, keunggulanlain dari game mobile adalah mengenai pangsa pasarnya yang angkauannya begitu luas,sejak munculnya era smartphone dalam satu dekade terakhir bisnis di bidang mobile game ini semakin hari semakin bertambah banyak dan terus berkembang, seiring dengan pergerakan perkembangan serta semakin banyak varian dari produk smartphone dari berbagai produsen para developer gamepun berlomba untuk bersaing dalam memproduksi berbagai game mobile yang tentunya terdiri dari beragam genre dan jenisnya. Melihat dari besarnya angka pwngguna gadget yang di dominasi oleh pengguna remaja sangat besar tentunya peluang yang akan diraih jika para developer game mampu membaca trend yang terjadi di kalangan pengguna Smarphone.

ISI

Game mobile adalah sebuah software atau perangkat lunak yang umumnya difungsikan sebagai media hiburan yang dioperasikan dalam gadget misalnya saja smartphone dan tablet. Sekarang ini game juga sudah menjadi semacam gaya hidup, atau sekedar sebuah sarana hiburan untuk mengisi waktu luang. Data terbaru GfK menyatakan nilai penjualan smartphone di negara Asia Tenggara mencapai $16.4 Miliar (sekitar Rp 198 Triliun), meningkat 33 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah unit yang terjual pun mengalami peningkatan sebesar 44 persen setiap tahunnya. Pertumbuhan penjualan smartphone di Indonesia mencapai 70% dalam 12 bulan terakhir pada tahun 2014, tertinggi di antara negara-negara di kawasan. Melihat kondisi yang demikian tentunya bisa diprediksi bahwa peluang bisnis dibidang pengembangan game berbasis mobile memiliki masa depan yang menjanjikan.
prospek bisnis game developer , melihat dari semakin pesatnya penggunaan smartphone di Indonesia ini bisa menjadi sebuah modal yang sangat vital untuk para pengembang game berbasis mobile pasalnya semakin hari pasti semakin bertambah lagi para pengguna smartphone maupun gadget mobile lain misalnya saja tablet, dan keuntungan yang bisa diraup dari bisnis ini jumlahnya bisa terbilang fantastis bahkan bernilai ratusan juta. Dan semakin besar pula peluang bagi para developer game lokal untuk memproduksi dan merelease produk mereka yang berorientasi pada konsumen lokal maupun Internasional.
Penentu sukses dari industri game developer adalah berada pada kemampuan membaca pasar, mengetahui apa yang sedang menjadi trend saat ini dan game seperti apa yang bisa bersaing untuk mendapatkan konsumen. Game sendiri terdiri dari beragam genre, pada dasarnya game mobile terbagi menjadi 2 kategori , yakni game mobile online dan game mobile offline.
Game mobile online yakni game yang membutuhkan koneksi internet untuk dapat memainkannya secara multiplayer, artinya para pengguna game (Gamer) dapat bermain dengan banyak orang secara global. Game dengan kategori ini memang sedang menjadi trend dimasyarakat, banyak sekali game mobile yang dimainkan secara online, dan biasanya para developer game bekerja sama dengan situs online lainnya, contohnya developer game bekerjasama dengan perusahaan penyedia aplikasi pesan instan bernama LINE, perusahaan ini juga menawarkan berbagai jenis game dimana para developer dapat bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Pengguna aplikasi ini di Indonesia dikatakan sudah fantastis, pada tahun 2014 saja sudah mencapai angka 30 juta pengguna , bahkan Indonesia kini menempati posisi kedua di dunia dengan menyalip Thailand yang memiliki 27 juta pengguna di Indonesia. Line yang kini memiliki 490 juta pengguna global, bersaing dengan aplikasi chatting populer lainnya seperti WhatsApp, KakaoTalk, BeeTalk dan WeChat. Sekarang ini umumnya game mobile sudah menggunakan koneksi internet, baik untuk bermain dengan mode multiplayer maupun untuk upgrade konten saja. Dengan melihat kondisi yang demikian peluang masih terbuka lebar bagi para game developer baru.
Game mobile offline adalah sebuah aplikasi permainan yang beroprasi pada platform gadget misalnya saja smartphone dan tablet, yang pengoprasiannya tidak membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya dalam hal ini pengguna hanya bisa bermain dengan mode single player, namun demikian koneksi internet bisa saja dibutuhkan untuk melakukan upgrade konten dari game tersebut.
Dengan kemampuan membaca pasar yang baik dan mampu menerapkan strategi dalam pemasaran produk mereka, para developer game bisa meraih keuntungan yang luar biasa besar, karena potensi dari perkembangan game mobile sudah begitu besar dan setiap tahun pasti mengalami peningkatan.
Dalam memproduksi mobile game Paling tidak diperlukan lima tenaga ahli untuk menempati posisi programmer, game designer, game tester, dan petugas administrasi. Untuk menjadi game developer memang modal awal yang dibutuhkan tidak sedikit, namun dengan strategi yang tepat, industri pengembangan game akan memperoleh keuntunngan yang cukup besar apabila melihat pertumbuhan teknologi dan semakin banyaknya pengguna gadget di Indonesia maupun secara global.

Referensi

 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: