Kamis, 03 Maret 2016

Computer Call Service

AMIKOM YOGYAKARTA


ABSTRAK

Saat ini komputer bukan lagi barang mewah, bahkan semakin hari semakin bergeser, dari yang tadinya sebatas kebutuhan penting untuk pekerjaan, sekarang menjadi kebutuhan biasa dalam sebuah keluarga. Terutama bagi keluarga yang memiliki anak pelajar atau mahasiswa. Artinya setiap hari, pengguna komputer semakin meningkat, ditambah lagi harga komputer yang semakin terjangkau. Tidak semua pengguna komputer dapat memperbaiki komputer yang sedang rusak atau terjadi hal yang tidak diiginkan (rusak).Diperlukan seorang yang ahli dibidang komputer atau seorang tekhnisi komputer. Banyak tempat yang menyediakan jasa servis atau perbaikan, namun tidak semua tempat servis komputer dapat dipercaya, terkadang kerusakan yang tidak seberapa atau kerusakan kecil dibesar-besarkan, di sini konsumen pasti sangat dirugikan.di sini Jasa servis komputer panggilan merupakan salah satu solusi. jasa service komputer panggilan yang langsung dikerjakan di tempat, keuntungannya adalah Anda bisa sambil melihat komponen apa saja yang rusak, dikerjakan dengan cepat, apabila terdapat komponen yang harus diganti dapat langsung meminta persetujuan dari Anda. Service komputer panggilan saat ini memang sangat dibutuhkan mengingat kesibukan  sebagai pengguna komputer dengan pekerjaan di kantor dan di rumah disamping kita sendiri belum tentu mampu mengatasi semua permasalahan komputer yang kita pakai.



PEMBAHASAN 

Usaha jasa perbaikan atau Computer Call Service bisa dikerjakan secara sampingan atau full time. Dan tidak hanya itu. Untuk meningkatkan “value”, dapat juga  menambahkan usaha jasa isi ulang tinta printer. Karena seperti halnya komputer, keperluan printer untuk mencetak pun semakin meningkat. Dan sekarang sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang lebih memilih menggunakan tinta isi ulang (refill) dari pada membeli baru. Bisa dipastikan sekarang ini begitu banyak orang yang memiliki komputer. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dan berbagai instansi perkantoran. Namun kebanyakan dari mereka hanya bisa menggunakan saja. Sehingga bila terjadi kerusakan pada komputer yang mereka miliki, mereka tidak dapat memperbaikinya sendiri. Munculnya kebutuhan tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena peluang bisnis ini akan dibutuhkan sampai kapanpun, dan prospek kedepannya semakin bagus seiring bertambahnya jumlah pemiliki komputer.Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi komputer, maka peluang jasa service komputer ke depan ikut meningkat. Pengguna komputer saat ini tidak hanya para dosen dan mahasiswa namun sudah merambah pada para pelajar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membuka jasa Computer Call Service.

Mengingat peluang ini akan selalu terbuka lebar. Untuk menjalankan peluang bisnis jasa servis komputer panggilan ini membutuhkan keahlian dan waktu. Sebagai seseorang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, mungkin agak sulit mengatur waktu. tetapi sebagai mahasiswa di jurusan yang berkaitan dengan komputer kita bisa mempekerjakan dia dengan melatih dan mengembangkan pengalaman nya untuk bekerja.


 CARA MEMULAI

A. Promosi

Memulai bisnis ini cukup mudah. Yang  perlukan pertama kali adalah bagaimana cara agar jasa ini dikenal oleh para kosumen, yaitu;

1.       Cara paling mudah adalah menyebarkannya dari mulut kemulut.

2.        Cara berikutnya adalah dengan media brosur yang sederhana, jika modalnya pas pasan , namun jika modalnya agak besar dapat membuat brosur yang lebih menarik.

3.       Dengan menggukan media internet, cara ini selain mudah juga tidak memerlukan banyak modal.

Untuk harga service komputer bervariasi, tergantung kesulitan. Sebaiknya  menentukan perkiraannya, dan memberitahukan kepada pegawai  mengenai ketentuan berapa keuntungan minimal yang bisa  peroleh per servis. Sebagaimana bisnis reparasi lain, kualitas dan harga menjadi modal penting. Jika pelanggan kurang puas dengan reparasi  atau harga yang  berikan terlalu mahal, maka lama kelamaan akan ditinggalkan para konsumen. Jika pelanggan puas dengan hasil servis dan pelayanan , maka dengan sendirinya mereka akan mempromosikan jasa ini secara gratis pada orang pihak lainnya.Oleh karena itu untuk memberikan pelayanan prima pada konsumen .

Sebaiknya dalam bisnis ini juga menjual berbagai kebutuhan komputer dengan lengkap, hal ini agar pelanggan bisa mendapatkannya secara cepat dengan konsep one stop shopping. Jika ternyata tempat kita belum mempunyai, kita bisa menjanjikan dilain hari dan berjanji mencarikannya.

B. Perlengkapan

Untuk memberikan layanan service komputer tentu saja harus memiliki beberapa perlengkapan yang sering digunakan untuk mengotak-atik komputer. Beberapa perlengkapan penting yang harus dimiliki diantaranya yaitu;

1.       Software anti virus (ini sangat penting) dan software-software lain

2.       Mur listrik, peralatan listrik lainnya

3.        Acecoris komputer, dan lain-lain.

4.        Dan yang paling penting adalah kendaraan, karena lokasi para pelanggan yang berfariasi. 

HAMBATAN

Peluang bisnis ini membutuhkan keahlian, sehingga pegawai yang  pilih harus benarbenar seorang yang dapat dipercaya. Utamakan pegawai yang benar – benar mengerti computer, baik dari segi komponen yang dibutuhkan computer hingga cara memperbaiki segala kerusakan yang ada. 

KESIMPULAN

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi komputer, maka peluang jasa service komputer ke depan ikut meningkat. Pengguna komputer saat ini tidak hanya para dosen dan mahasiswa namun sudah merambah pada para pelajar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membuka jasa Servis komputer panggilan ini. Mengingat peluang ini akan selalu terbuka lebar. Oleh karena itu, skill yang lebih wajib hukumnya jika ingin membuka jasa service komputer panggilan. Ilmu tentang komputer bisa didapatkan dari mana saja. Baik melalui pelatihan, membaca buku maupun dari internet.  
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: